PAKET SIAGA CALON PEMIMPIN BERKARAKTER TRANSFORMATIF SOSIAL UNTUK NTT - SOE POST

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 22 September 2024

PAKET SIAGA CALON PEMIMPIN BERKARAKTER TRANSFORMATIF SOSIAL UNTUK NTT


Penulis : Hendrikus B. Babys Anggota DPRD Partai Nasdem TTS

BERDAYA, MAJU, SEJAHTERA DAN MANDIRI


Kehadiran Simon Petrus Kamlasi dan Andrianus Garu pada kontestasi Pilgub NTT tahun ini, menjadi inspirasi bagi lahirnya tulisan ini. Hal ini tentu tidak dalam orientasi apapun tetapi hanya sebagai sebuah opini sederhana yang sekiranya dapat menjadi bahan rujukan dan refleksi bagi masyarakat NTT dalam menentukan pilihan politik pada tanggal 20 November 2024 nanti.


Tulisan yang berjudul paket SIAGA pemimpin transformasi sosial untuk NTT berdaya dan mandiri. mengacu dari konsep bahwa cita-cita ideal dari pada masyarakat NTT adalah NTT Berdaya, Maju, Sejahtera dan Mandiri sebagaimana cita-cita masyarakat dan visi misi Provinsi NTT itu sendiri. 


Namun untuk mencapai cita-cita tersebut, tidak lah mudah, karena sejak berdiri tahun 1958 NTT masih menjadi daerah tertinggal sampai saat ini.


Supaya dapat mewujudkan cita-cita sekaligus visi NTT tersebut, salah satu elemen penting adalah faktor kepemimpinan. Artinya bahwa cita cita ideal masyarakat NTT hanya bisa tercapai jika dan hanya jika kepemimpinan yang dihasilkan dari kontestasi politik adalah pemimpin yang memiliki karakter transformatif sosial, namun hal itu hanya dimiliki oleh beberapa karakter kepemimpinan NTT sebelumnya. 


Khususnya pada awal awal NTT menjadi Provinsi otonom saja, sehingga akibatnya ada kegagalan mewujudkan visi misi NTT tersebut. Untuk menuju kepada cita-cita tadi, maka kita butuh kepemimpinan NTT yang baru dengan memiliki jiwa dan karakteristik sebagai pribadi yang transformatif.


Sehingga jika melalui pemilu kali ini belum mampu melahirkan kepemimpinan pemimpin transformatif sosial maka semakin sulit kita keluar dari kondisi ekstrim sebagai Provinsi terluar, termiskin, tertinggal (daerah T3). 


Sebaliknya jika momentum pilkada ini kita berhasil melahirkan Pemimpin NTT yang orientasi transformatif sosial maka tentu kita akan mampu merubah diri kita menjadi lebih baik dan menghasilkan kemajuan, kesejahteraan dan kemandirian. Oleh karena itulah pada momentum pilkada kali ini kita harus memiliki sikap yang tegas dan berani untuk memilih pemimpin visi dengan kita rakyat NTT yang sudah sangat merindukan kemajuan dan kesejahteraan yang bertumpu pada keberdayaan rakyat NTT sendiri. 


Saya berpandangan bahwa paket SIAGA adalah calon pemimpin yang memiliki karakter kepemimpinan yang diharapkan oleh rakyat NTT yang bisa membawa kemajuan, kesejahteraan dan kemandirian di NTT. Saya berpandangan demikian bukan tidak berdasar, Saya berani menyatakan itu berlandaskan dari beberapa pandangan subjektif namun didukung dengan pandangan dari fakta-fakta objektif diantaranya dari indikator latar belakang orang tua kedua kandidat, latar belakang Pendidikan kedua kandidat, latar belakang pekerjaan dan karir serta latar belakang potensi pribadi kedua kandidat.


Beberapa hal yang saya perlu bahas di sini diantaranya latarbelakang paket SIAGA, dimana keduanya memiliki kemapuan atau energi yang mampu menciptakan energi sosial di NTT. Hal tersebut dilihat dari pelayanan mereka sebelum menjadi pemimpin. Semua itu dilakukan semata-mata sebagai bentuk kecintaan dan loyalitas kepada daerahnya, sehingga sekilas kita bisa tahu bahwa paket ini memiliki kepribadian yang mampu ditransformasi dan dimanfaatkan oleh masyarakat menjadi Energi sosial. 


Dengan karakter yang energik ini maka mereka menjadi semacam Energi tumpuan rakyat untuk melakukan kemajuan atau pembangunan pada level manusia NTT. 


Yang saya maksudkan adalah paket siaga dengan energi positif yang ada dalam diri mereka maka mereka memiliki potensi untuk memberdayakan manusia NTT menjadi manusia yang berdaya. Pemimpin yang mampu memberdayakan masyarakatnya seperti ini adalah pemimpin yang humanis, yang juga sangat diharapkan oleh masyarkat NTT.


Dengan karakter ini maka paket SIAGA adalah calon pemimpin yang dinamis dan humanis yang mampu menjadi motivator dan pendorong dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia NTT kearah yang lebih baik. Tidak hanya itu, dari kemapuan adopsi inovasi teknologis hidram yang menjadi keunggulan teknis paket SIAGA maka mereka mampu mendorong kreativitas masyarakat  dalam mengupayakan kehidupan masyarakat yang lebih baik.


Simon petrus berhasil memasang 1.345 pompa hidrolik di seluruh nusantara dan 15 titik di NTT adalah prestasi yang luar biasa yang perlu kita manfaatkan sebagai kekuatan NTT dalam merubah wajahnya dari kekeringan dan kegersangan dan stagnan ekonomi. 


Perlu dipahami bahwa dalam teknologi yang dihasilkan oleh paket SIAGA seperti dijabarkan di atas, maka tentu paket SIAGA menjadi calon pemimpin yang memiliki kualitas sebagai teknokrat yang sangat dibutuhkan oleh NTT saat juga ini. Salah satu pemikiran teknokrat yang bisa dijabarkan disini adalah kemampuan paket SIAGA dalam mengkonstruksi energi yang tentu berdasar pada teori teori energi.


Dengan kualitas pribadi dalam melahirkan sebuah inovasi, dan energi, paket SIAGA memiliki kualitas dan kapasitas pula untuk melahirkan teknologi yang penting bagi masyarakat NTT, dan karena itu jika Beliau menjadi Gubernur maka menjadi bagian dari energi sosial atau sosial kapital bagi masyarakat NTT untuk maju berdaya secara ekonomi, sehingga dapat memperbaiki kondisi ekonomi NTT. 


Jika kualitas teknokratnya ada pada SPK, maka kualitas Adrianus Garu memiliki performa yang pas dalam mendukung SPK karena beliau berlatarbelakang sebagai seorang pekerja sosial yang Tangguh. 


Pengalaman sebagai anggota DPD tentunya memberikan suatu pengalaman yang dapat dia terapkan dalam mendukung kebutuhan real rakyat NTT. 


Berdasarkan kualitas dari pasangan SIAGA inilah kemudian saya melihat bahwa Paket SIAGA akan mampu menjadi Pemimpin yang berpotensi melakukan transformatif sosial di NTT. Dengan melakukan tranformasi sosial maka mereka berpotensi melahirkan yang disebut dengan energi sosial budaya kreatif. Energi sosial budaya kreatif adalah suatu kondisi yang dikonstruksi dari terbangunnya human kapital dan sosial capital. 


Energi sosial budaya kreatif adalah suatu kondisi terbangun dari unsur-unsur meliputi pertama sistem sosial yang dinamis, dan Berkelanjutan, kedua sistem sosial berdaya yang ditunjukan dengan terbangunnya Budaya kreatif dalam keberadaban dan Struktur yang kondusif (sinergis) dan konstruktif, dan ketiga adalah masyarakat yang mandiri yang meliputi terbangun masyarakat yang Egaliter, memiliki self confident/kepercayaan diri, self reliant/ketahan diri, self help/kemampuan menolong diri sendiri). Dan Interdependensi Bermartabat : makmur, adil dan beradab.


Semua ini menjadi bagian dari potensi yang dimiliki oleh paket SIAGA yang membuatnya unggul dan perlu didukung oleh seluruh masyarakat NTT pada kontestasi Pilgub NTT tahun ini, oleh karena itu maka tentu PAKET SIAGA perlu menjadi Kandidat yang perlu didukung oleh seluruh elemen masyarakat NTT khususnya kaum milenial, oleh karena itulah paket SIAGA adalah yang terbaik dari pada yang ada. 


Sebagai non politisi murni mereka akan selalu bersama rakyat membangun NTT, dan saya yakin bahwa pendekatan kepemimpinan mereka akan selalu mengedepankan pendekatan antroposentris yang pluralis sesuai dengan keragaman manusia NTT, dan lebih menghormati nilai-nilai lokal atau local knowledge sehingga tidak akan ada benturan dengan kepentingan rakyat dan pembangunan bangsa, karena pendekatan yang dipakai bukan top down melainkan partisipatif, Guna menciptakan masyarakat yang lebih kuat, inklusif, dan berdaya. 


Inilah corak pemimpin yang selama ini sangat diharapkan oleh masyarakat NTT dan inilah yang disebut sebagai pemimpin transformatif sosial, Paket siaga sebagai calon pemimpin transformatif sosial yang diharapkan rakyat akan mampu membangun modal sosial dimana modal sosial itu akan menjadi elemen penguat jaringan sosial yang dapat memainkan peran memperkuat akses ke pengetahuan, informasi, sumber daya, dan dukungan dari jaringan kepada masyarakat NTT, termasuk mampu meningkatkan kolaborasi dan saling percaya hingga mewujudkan partisipasi positif dalam rangka membangun NTT berdaya, maju, sejahtera dan mandiri.


Kesimpulan dari tulisan ini adalah bahwa Paket SIAGA adalah paket yang bertalenta, pemberdaya yang menjadi paket komplit dengan kualifikasi kepribadian yang saling mendukung untuk berkolaborasi dengan seluruh elemen pemangku kepentingan di NTT dan nasional untuk memperbaiki wajah NTT  menjadi lebih berdaya, maju, sejahtera dan mandiri. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman