UPT PUSKESMAS BOKING TINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN MASYARKAT - SOE POST

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Minggu, 06 Oktober 2024

UPT PUSKESMAS BOKING TINGKATKAN DERAJAT KESEHATAN MASYARKAT


Liputan Kontributor Roni Faot
Editor Redaksi www.soepost.com

BOKING-TTS|Soepost.com,- Kesehatan memang bukan segala-galanya tetapi tanpa kesehatan, segala-galanya tidak berarti.


Untuk mencegah terjadinya kasus penularan penyakit yang terjadi dalam lingkungan masyarakat, baik itu penyakit menular (PM) ataupun penyakit tidak menular (PTM), perlu adanya kerjasama Lintas sektor. 


Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya kegiatan Minilok Lintas Sektor dalam hal pembahasan masalah kesehatan yang sering terjadi di dalam Lingkup kehidupan Lingkungan  masyarakat Kecamatan Boking.

 

Kegiatan Minilok Lintas Sektor tersebut dilaksanakan pada Hari Jumat 12 September 2024 yang lalu berlangsung di Aula Upt Puskesmas Boking. 


Dalam pantauan awak media, kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Boking, Danposramil Boking, Perwakilan Danposal Boking, Perwakilan Polsek Boking, para Kepala Desa (7 Desa), para Tokoh Agama, Kader Kesehatan yang tersebar di Kecamatan Boking serta para Tenaga Kesehatan Desa. 


Kegiatan ini dibuka dan diwarnai dengan sambutan yang menarik dari Camat Boking Elam E. Metkono, yang tak henti-hentinya menyuarakan dan mendukung diwujudkannya Generasi Sehat bagi semua masyarakat di Kecamatan Boking.


Dalam sambutannya, Camat Boking Elam E. Metkono mengatakan Bahwa Kegiatan Minilok Lintas Sektor dalam hal Pembahasan masalah kesehatan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat diibaratkan seperti seorang Petani yang sedang membersihkan lahan. 


Pada saat petani tersebut hendak membersihkan lahan, tetapi parang yang dipakai tidak di asah maka akan menghambat proses pekerjaan tersebut, sedangkan jika parang tersebut di asah maka proses pembersihan lahan tersebut bisa cepat terselesaikan." Ucap Metkono


Kegiatan Minilok dalam hal pembahasan masalah kesehatan yang terjadi saat ini, sama halnya dengan petani yang melakukan pembersihan di kebunnya, kalau parang tidak di asah maka kerja tidak akan selesai, Tapi kalau parangnya di asah, maka pekerjaannya bisa cepat selesai. jadi, untuk meningkatkan derajat kesehatan di lingkungan masyarakat perlu adanya kerjasama lintas Sektor" Ucapnya.


Pernyataan tersebut didukung dengan data yang disampaikan melalui materi dari Kepala Upt Puskesmas Boking, Marsalinus Kase, S.KM. dimana dikatakan bahwa masih banyak kesenjangan yang tejadi dalam hal pembenahan pelayanan kesehatan serta tercapainya Standar pelayanan minimum di lingkungan masyarakat. 


Oleh karena itu kegiatan ini merupakan pembuktian untuk mendukung terwujudnya derajat kesehatan semua masyarakat di Kecamatan Boking.


"Untuk mendukung capaian Standar Pelayanan Minimum( SPM), perlu adanya dukungan dari Lintas Sektor terkait, oleh karena itu, perlunya dukungan dari Forkopimcam  dan dukungan dari seluruh masyarakat sehingga apa yang diimpikankan dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dapat diwujudkan." Pungkasnya.


Hal tersebut diatas juga didukung dengan pernyataan dari perwakilan TNI/POLRI yang ada di Kecamatan Boking dan disampaikan oleh Danposramil Boking, Amos Na'u, 


"Bahwa kegiatan dalam memberdayakan masyarakat dalam hal Kesehatan akan selalu didukung, karena hal yang paling Urgen dalam kehidupan Manusia adalah Kesehatan.


"TNI dan POLRI akan selalu hadir ketika dibutuhkan, karena TNI adalah masyarakat. Kami akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan positif dalam pemberdayaan kesehatan Masyarakat Di Kecamatan boking, karena kalau tidak ada kepedulian untuk memberantas hal-hal menyangkut kesehatan siapa lagi yang akan membantu kita." Jelas Amos Na'u


Hal senada juga disampaikan oleh Perwakilan para Kepala Desa yang disampaikan oleh Kepala Desa Fatumanufui Johan M Nahak yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.


"Kegiatan ini sangat baik karna kita harusnya mencegah daripada nanti baru mengobati. Jangan sampai sudah ada yang sakit dan ada yang mati baru kita menyesal."


Lanjutnya, satu Hal yang paling penting dan perlu diperhatikan adalah kesehatan ibu dan Anak, karna kalo ibu sudah sakit otomatis anak juga ikut sakit." Kata Nahak


Kegiatan ini juga merupakan salah satu inovasi untuk mengurangi resiko terjadinya penularan penyakit yang tidak diharapkan terjadi dalam lingkungan masyarakat di Kecamatan Boking".


Tidak kalah menariknya, Dukungan untuk peningkatan derajat kesehatan di Kecamatan Boking Wilayah Kerja Upt Puskesmas Boking juga disampaikan oleh Ketua Majelis Jemaat (KMJ) Imanuel Boking,  Sepriana Ataupah. yang mengatakan bahwa, kegiatan ini sangat baik karena masyarakat merupakan anggota dari jemaat di gereja, oleh karena itu kegiatan ini merupakan catatan sekaligus evaluasi untuk mewujudkan masyarakat yang sehat secara Jasmani dan Rohani.


"ini merupakan catatan kritis bagi kami untuk meningkatkan tugas dalam pelayanan dalam pelayanan kerohanian di masyarakat, supaya masalah kesehatan yang terjadi dapat teratasi dengan baik." Sepriana Ataupah


Kegiatan ini ditutup dengan pernyataan Rencana Kerja Tindak Lanjut(RKTL) yang disepakati bersama yaitu "dalam Hal peningkatan Derajat Kesehatan, FORKOPIMCAM dan STAKEHOLDER, siap mewujudkan Masyarakat Kecamatan Boking yang SEHAT ADIL dan MAKMUR. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman